TribunMP3 | Zona Artikel dan Download Musik™

Kumpulan Artikel juga Tutorial Simpel dan Mengutamakan Kualitas juga Menyediakan Musik Gratis Untuk Didengar secara cuma-cuma

Breaking

Sabtu, 06 April 2019

Cara Instalasi Windows 8 Menggunakan VMware 9.0.1 Laptop PC


Windows 8 merupakan versi terbaru sistem operasi keluaran Windows yang di release pada pada Juni 2012. Windows 8 dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti Start yang tersembunyi, tampilan yang penuh warna yang dapat diatur sesuka pengguna, dapat menutup program dengan hanya menyeret dan membuangnya ke bawah layar, dapat berpindah aplikasi dengan mengklik kursor pada ujung kiri atas layar, terdapat fitur Charm yang terdapat dalam berbagai aplikasi dan memiliki beberapa pilihan yang dapat dijalankan seperti search, share, atau setting, terdapat Picture Password yaitu cara membuka kunci layar dengan cara menggambar pola yang sama seperti pola yang sudah dibuat pengguna sebelumnya yaitu dengan cara menyiapkan foto lalu menyimpan pola berupa garis atau lingkaran di atasnya, terdapat ruang belanja, pengguna dapat menggunakan layar sentuh untuk mengoperasikan Windows 8, dan ukuran prosesor yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 8.

Untuk dapat menginstal Windows 8, dibutuhkan sistem yang memadai. Berikut ini merupakan persyaratan sistem agar dapat meninstal Windows 8:
Processor: minimal 1GigaHertz (GHz) yang support dengan PAE, NX, and SSE2
RAM: 1 GigaByte (GB) (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
Hard disk space: 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver

Cara Instalasi
1. Setelah membuka VMware, klik File > New Virtual Machine.
2. Setelah itu akan muncul tampilan berikut. Pilih Custom jika ingin memilih fitur yang ingin ditambahkan dalam VMware atau pilih Typical untuk membuat virtual mesin secara mudah. Klik Next.
3. Pilih Workstation 9.0 pada Hardware compality. Klik Next.
4. Pilih Installer disc jika ingin menginstal menggunakan DVD atau pilih Installer disc image file (iso) jika ingin menginstal menggunakan iso. Klik Next.
5. Masukan Windows product key pada kolom Windows product key. Pilih Windows 8 pada Version of Windows to install. Tulis nama Anda pada kolom Full name. Ketikkan password di kolom Password jika ingin menambahkan password untuk keamanan. Klik Next.
6. Ketikkan nama virtual mesin pada kolom Virtual machine name. Klik Browse jika ingin mengganti lokasi instalasi Windows 8. Klik Next.
7. Pilih jumlah prosesor dan core yang akan digunakan untuk mengoperasikan Windows 8. Untuk kali ini, gunakan satu prosesor dan satu core seperti default. Klik Next.
8. Pilih RAM yang akan digunakan untuk mengoperasikan Windows 8. Untuk Windows 8, RAM minimum yang digunakan yaitu 1GB. Klik Next.
9. Pilih koneksi yang akan digunakan untuk koneksi antara PC asli dengan PC virtual. Pilih Use bridged networking jika ingin menjadikan PC virtual memiliki akses langsung ke jaringan Ethernet eksternal dan harus memiliki IP addresssendiri yang terhubung ke jaringan luar. Pilih Use network address translation (NAT) jika ingin memberikan PC virtual akses ke koneksi dial-up dan jaringan Ethernet eksternal PC asli dengan menggunakan IP address PC asli. Pilih Use host only networking jika ingin mengoneksikan sistem operasi PC virtual sebagai jaringan virtual yang berdiri sendiri di PC asli. Atau pilih Do not use a network connection jika tidak ingin PC virtual terhubung dengan PC mana pun. Untuk kali ini pilih NAT agar PC virtual dapat menggunakan koneksi dial-up dan jaringan Ethertnet eksternal dari PC asli. Klik Next.
10. Pilih LSI Logic SAS pada opsi yang terdapat di SCSI Controller. Klik Next.
11. Pilih Create a new virtual disk jika ingin membuat virtual disk baru yang akan ditampilkan di sistem PC asli. Pilih Use an existing virtual disk jika ingin menggunakan kembali virtual disk yang sudah dikonfigurasi sebelumnya. Atau pilih Use a physical disk jika ingin memberikan akses langsung PC virtual ke hard disk yang digunakan PC asli. Untuk kali ini pilih Create a new virtual disk. Klik Next.
12. Pilih jenis disk yang ingin dibuat. Pilih SCSI. Klik Next.
13. Tentukan kapasitas maksimum disk yang akan digunakan pada kolom Maximum disk size (GB). Untuk mengoperasikan Windows 8 direkomendasikan menggunakan kapasitas disk sebesar 60 GB. Pilih Store virtual disk as a single file jika ingin menggunakan single disk tanpa dipartisi atau pilih Split virtual disk into multiple files jika ingin menggunakan disk yang dipartisi.
14. Buat nama PC virtual yang akan dioperasikan. Tulis Windows 8 sama seperti nama sistem operasi yang akan diinstal. Klik Next.
15. Klik Costumize Hardware jika ingin mengubah setting hardware yang akan digunakan untuk mengoperasikan Windows 8. Klik Finish.
16. Akan muncul tampilan awal ketika VMware akan menjalankan suatu sistem operasi.
17. Muncul tampilan awal Windows 8.
18. Muncul tampilan awal instalasi Windows 8.
19. Proses di atas selesai, maka Windows 8 akan restart secara otomatis.

20. Muncul tampilan awal Windows 8.
21. Muncul tampilan tahap akhir instalasi Windows 8.
22. Muncul Username yang sedang mengoperasikan Windows 8.
23. Muncul tampilan desktop Windows 8 yang menandakan instalasi Windows 8 telah selesai.
Demikian proses instalasi Windows 8 menggunakan VMware 9.0.1 Build 894247. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar