BAB I
PENDAHULUAN
Semakin berkembangnya internet ,maka semakin berkembang juga fasilitas didalam internet.Salah satunya blog,karna blog memberikan berbagai kegunaan dan manfaat bagi kita semua,Akan tetapi disadari masih banyak yang tidak tau akan permasalahan dalam blog ini dan belum mengenal apa itu blog? .
Tulisan mengenai Mengenal Blog pada buku-buku belum dapat memecahkan permasalahan seperti ini.Oleh karena itu perlu disusun tulisan sertta perlu di persentasikan agar kita semua dapat mengenal blog tersebut secara detail dan menyeluruh.
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudut pandang dari pemilik dan berisi berbagai hal lainnya.Meskipun istilah blog tersebut sering kita dengar tapi masih banyak yang belum mengetahui cara serta apa itu blog.
Makalah ini membahas tentang penjabaran blog,serta cara-cara yang terdapat dalam blog,dan hal lain yang mengena tentang blog.
BAB II
ISI
A. Pengertian Blog
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudt pandang dari pemilik dan berisi pula gambar, audio atau video yang di update secara berkala, sehingga mempunyai cirri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya, umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, tapi ada juga blog dari suatu organisasi.
Blog mempunyai basis peristiwa, urutan peristiwa pemasukan artikel, konten, atau tulisan pada blog umumnya disajikan secara terbalik, dimana hal baru (artikel baru) disajikan paling atas, sehingga pengunjung blog akan disajikan hal yang baru ketika mereka membuka suatu blog. konten lama disajikan paling belakang. tapi setting ini bisa diubah menjadi kebalikannya.
Hal lain yang merupakan ciri dari blog adalah adanya komentar. pengunjung dapat memberikan komentar pada setiap artikel blog. demikian juga pemilik dapat memberikan tanggapan atas komentar pengunjung pada bagian komentar pula.
B. Sejarah Blog
istilah “blog”. Blog itu sendiri adalah kependekan dari “Weblog”, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut website pribadi yang selalu diupdate secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik dan biasanya disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Apapun definisinya, pendapat-pendapat tersebut bertemu pendapat bahwa blog adalah website yang bersifat personal, memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja. Sebuah loncata ekspresi diri yang telah melampaui batas-batas ruang dan waktu.
Ada yang mengatakan jika blog dimulai dari halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Perkembangan blog hingga akhir tahun 1998 sampai pertengahan tahun 1999 belumlah menggembirakan, jumlah Blog yang ada belum seberapa untuk ukuran komunitas maya. Penyebabnya pada saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Penggila blog barulah komunitas tertentu yang didominasi oleh kelompok orang tertentu yang memiliki keahlian tertentu pula.
Pada bulan Juli 1999 lahir pembuat layanan blog pertama,Pitas , yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis dan jumlah blog pun bertambah hingga ratusan. Namun baru pada awal Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com jumlah Blog bertambah banyak begitu rupa hingga saat saja blogger.com ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga,Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, keperluan bisnis dan macam-macam lagi. Bahkan ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would Buy That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul "Anatomy of a Weblog" yang menerangkan tema dari Blog. "Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut" . Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Pembuatnya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.”
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. Blog terkenal lainnya diantaranya, Obscure Store milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya, Tomalak's Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa. Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain- desain dan critical skill-nya. Tak lupa juga Blog milik Dave Winer, Scripting News , salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman
.C.Beberapa Penyebab Faktor Berkembang Pesatnya Blog
Dengan demikian, blog kini telah berkembang melampaui dari definisi yang telah disebutkan sebelumnya. Blog tidak lagi memuat “catatan harian” dan “link” pemiliknya, namun juga telah berkembang menjadi media pertukaran informasi yang berguna, sarana aktualisasi pemikiran pemiliknya, kepentingan bisnis kecil-kecilan, menyuarakan protes, sarkasme dan apa saja yang bisa dituliskan pada media blog ini.
Ada beberapa hal yang sangat menarik dari dunia blog ini yang membuatnya dapat berkembang dengan sangat pesat, Cameron Barret mengatakan bahwa blog adalah "Big Idea" dari Internet yang merupakan kekuatan informasi yang terdistribusi dan jurnalisme gaya Blog adalah jurnalisme media online dalam tingkat yang lebih tinggi. Rabecca Blood menulis pada blog-nya: “Dengan komentar-komentar tak kenal takut dan sarkasme mereka Blogger mengingatkan kita betapa seringkali media konvensional terinfeksi oleh vested-interest dalam membuat berita.” Ditunjang dengan Blog yang demikian interaktif sehingga memungkinkan para pembuat Blog atau para Blogger memberikan opini dan komentar mereka tentang suatu isu, dan juga memungkinkan para pembaca Blog menuliskan opininya pula tentang opini yang ia baca. Pro, kontra, link, tambahan informasi, fakta baru, semuanya kemudian terkandung dalam satu situs Blog besar. Jon Katz dalam tulisannya di Slashdot, "Here Come The Weblog", May 1999, menggambarkan, “Blog adalah rangkaian evolusi menuju "New Media". Blog berhasil mendemostrasikan banyak hal tentang budaya interaktif yang disukai orang, terutama anak-anak muda.” Salah satu Blog yang terkenal keinteraktifannya adalah Slashdot yang terkenal dengan semboyannya "News for Nerds. Stuff that Matters" yang dikelola oleh beberapa moderator. Di Slashdot satu opini menghasilkan sekian banyak lagi komentar pro atau kontra yang didukung dengan link yang mereka kontribusikan. Blog yang interaktif itu pula telah menjadi salah satu faktor yang menunjang kepopulerannya. Berbeda dengan media konvensional yang bersifat satu arah yang berubah bentuk menjadi tempat menampung suara semua orang yang mendapat tempat, walau belum tentu berharga. Blog memiliki kebalikan struktur dari media konvensional yang bersifat top-down, “Membosankan dan arogan”, kata Jon Katz. Blog juga adalah contoh tepat evolusi komunitas elektronik dan kemampuan orang yang secara online membuat media yang mereka rancang sendiri, Jon Katz meneruskan. “Media yang dirancang sendiri adalah media yang lepas dari kecurigaan media sebagai corong korporasi besar. Blog kemungkinan besar adalah masa depan media yang kita saksikansekarang.”
Selanjutnya, Blog adalah budaya digital tersendiri dan komunitas elektroniknya bertebaran di internet dan dengan sedemikian banyak Blog di Internet yang selalu mencari website-website yang menarik maka Blog menjadi unik karena muatan “link”-nya. Seperti yang dituliskan Cameron Barret bahwa Blog saat ini adalah indikator akurat tentang apa yang sedang terjadi di Internet dan di dalam komunitas web. "Blog adalah simbol dari apa yang hebat tentang Internet." tulisnya. Blog dengan kecenderungannya memilih-milih berita dan artikel serta website sesuai dengan preference personal Blogger-nya, membuat seolah dunia web telah difilter, dunia web telah dijelajahi terdahulu (pre-surfed) oleh para Blogger dan kita tinggal menikmati apa yang telah disediakan para Blogger pada Blog yang kita sukai. Para Blogger memilihkan link pada website dan berita yang paling aneh, paling bodoh, hingga paling lengkap atau tidak lengkap dari dunia web. Jon Katz menyebut Blog, Filtered News. Blog telah menjadi saringan dunia web dan ada kalanya telah menyelamatkan kita dari kekacauan atau kesentralan informasi online yang sekarang terjadi di Internet. Interaksi juga merupakan salah satu daya tarik kuat dari Blog. Pada salah satu Community Blog yang perlu dikunjungi, MetaFilter setiap harinya para blogger ini sama-sama mengisi MetaFilter dengan link-link mereka dimana mereka menuliskan komentar-komentar mereka pula di dalamnya. Saat ini ada 15 ribuan anggota aktif di MetaFilter dari segala penjuru dunia, dimana setiap link yang didonasikan ke MetaFilter tentu saja kemudian bisa dikomentari oleh blogger lainnya lagi. Blog tersebut hidup dari kontribusi para blogger-nya. Hal tersebut pun melahirkan jenis Blog baru disamping Personal Blog, yakni Community Blog sebuah Blog bersama. Blog memiliki suara spesifik dan kepribadian. Karena Blog adalah kepanjangan interaktif dari pembuatnya. Pada tulisannya di Star Telegram, Frances Katz (ada hubungan dengan Jon Katz?) menulis bahwa Blog adalah generasi kedua dari Home Page Pribadi. Perbedaan utama antara Home Page Pribadi dan Blog yaitu, Home Page Pribadi adalah tempat dimana kamu menempatkan foto keluarga, foto kamu dan kemudian mendistribusikan informasi pada lingkaran kecil teman-teman dan keluarga. Sedang Blog dirancang untuk "pengunjung".
D. Mengenal Dunia Para Blogger
Rabecca Blood pada Blog-nya Rabecca's Pocket mengatakan bahwa para Blogger mulanya adalah mereka yang telah mengajarkan diri mereka sendiri HTML karena mereka menyenanginya, atau mereka yang setelah seharian bekerja di kantor dot.com mereka, dan kemudian menyisakan waktu luang beberapa jam setiap harinya untuk melakukan web surfing dan memasang hasilnya pada Blog mereka. Mereka adalah apa yang ia sebut orang-orang yang antusias pada web. "These were web enthusiast." tulisnya. Evan Williams, pendiri Blogger.com berpendapat, "Mayoritas Blogger adalah anak- anak muda atau mahasiswa. Dan banyak diantara mereka yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya."
Setiap orang tentu saja dapat membuat Blog-nya masing-masing, tapi seperti yang dikatakan Evan, Blogger saat ini kebanyakan terdiri dari para penulis diary muda yang dinamis, offbeat dan punya opini untuk segala hal. Dalam kata lain mereka adalah generasi yang tidak takut berpendapat dan mengungkapkan pendapat mereka.
Tentu saja tidak semua orang adalah seorang Natural-Born Blogger dan dapat memproduksi Blog yang menarik. Di luar sana ada banyak Blogger yang merasa perlu mendokumentasikan setiap kali ia bersin, atau anak-anak muda yang menuliskan "Saya bosan" atau "School Sucks!" setiap tiga jam sekali. Amy Jo Kim seorang konsultan dan pengarang buku "Community Building on the Web: Secret Strategies for Succesful Online Communities", menulis bahwa diperlukan beberapa syarat dasar khusus untuk menjadi seorang Blogger, yaitu kemampuan untuk mengekspresikan diri, keinginan untuk berkomunikasi dengan orang banyak dan minat pribadi pada "keterusterangan".
Lalu apa gunanya membuat Blog bagi para Blogger tersebut ? Apa yang mungkin didapatkan oleh seorang Blogger dalam usaha mengurus Blognya ? Rabecca Blood menulis bahwa setelah ia membuat Blog-nya ada dua efek samping yang terjadi yang tidak ia perkirakan sebelumnya. Pertama ia menemukan kembali minatnya semenjak ia mulai membuat Blog. Dan hal kedua yang lebih penting, ia mulai lebih menghargai cara pandangnya sendiri. Ketika setiap harinya ia mengupdate Blog-nya ia mulai mempertimbangkan opini dan ide-idenya dengan lebih hati-hati dan ia mulai merasakan bahwa perspektifnya adalah unik dan penting untuk disuarakan. Ketika seorang blogger menuliskan apa yang ada di pikirannya, maka ia akan sering berkonfrontasi dengan pikiran-pikiran dan opininya sendiri. Menulis Blog, atau Blogging, setiap hari akan membuat Blogger menjadi penulis yang lebih percaya diri. Dengan terbiasa mengekspresikan pikirannya pada Blog-nya, seorang Blogger dapat dengan lebih baik mengartikulasikan opininya. Blog bahkan dapat menjadi semacam terapi jiwa. Blog dengan caranya sendiri sepertinya membuat telah membuat hidup, pikiran, opini dan kegiatan Bloggernya lebih mempunyai tujuan dan lebih teratur.
Selanjutnya, menurut Scott Rosenberg dalam kolomnya di Salon,. Blogger, tulisnya, telah menemukan ceruk (niche) baru yang subur dalam lingkungan informasi Web. Mereka memenuhi ramalan para visionaris internet terhadap munculnya jenis baru para jurnalis online, tetapi bedanya daripada mencari berita di dunia nyata, mereka menyiangi internet untuk mendapatkan berita. Blogger menurut sifat dasarnya bukanlah reporter, mereka berperan sebagai editor dalam Blognya masing-masing dan dalam sebuah dunia dengan budaya media yang telah jenuh, Blog menjadi suara-suara alternatif yang menyuarakan bunyi independen dalam setiap ulasannya. Blog bukanlah obat mujarab untuk budaya yang telah jenuh dengan media, tapi mudah-mudahan Blog adalah salah satu peredanya tulis Rabecca Blood.
E.Membuat Weblog atau Blog
Ada 2 (dua) situs yang baik untuk membuat Blog. www.blogger.com dan www.blog-city.com. Kita persiapkan rancangan blog yang akan dibangun, tujuannya dan materi awalnya kemudian kita tinggal “sign-up” atau daftar pada situs tersebut, mengisi form pendaftaran, pilih template yang tersedia dan weblog pun siap untuk dikembangkan. Proses sign up nya pun tidak bertele-tele, bahkan lebih mudah daripada sign up untuk sebuah account e-mail free di internet. Kedua penyedia jasa blog gratis tersebut memiliki fleksibilitas yang bagus. Bagi para pemula tinggal memanfaatkan fasilitas yang ada meskipun terbilang sederhana dan dengan sedikit pengetahuan tentang bahasa html kita bisa mengembangkan tampilan Blog yang kita buat. Menarik jika kita sing up di situ www.blog-city.com template standar yang disediakan sudah sedemikian “good looking” sehingga rata-rata peminatnya tidak lagi begitu memikirkan tampilan weblognya dan dapat berkonsentrasi dengan materi yang mereka posting.
F.Fungsi-Fungsi Blog
F.Fungsi-Fungsi Blog
1.blog sebagai jurnal online yang berfungsi menampilkan pemberitaan informasi-informasi dengan topik tertentu seperti informasi produk, gadgetdan lain-lainnya
2. blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakanblog, caranya anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding positiondiri anda
3. blog berfungsi sebagai diary online. anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri anda, baik kegiatan yang anda lakukan, hasil pemikiran, sharingpendapat, dan lain2.
4. blog berfungsi sebagai websitekomunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
5. blog berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan subscribe pada blog dan mempostingkan iklannya
6. blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya
2. blog berfungsi sebagai website pribadi untuk tujuan membangun branding. anda dapat membangun branding untuk diri anda sendiri dengan menggunakanblog, caranya anda postingkan artikel-artikel sesuai dengan branding positiondiri anda
3. blog berfungsi sebagai diary online. anda dapat menuliskan berita apa saja seputar diri anda, baik kegiatan yang anda lakukan, hasil pemikiran, sharingpendapat, dan lain2.
4. blog berfungsi sebagai websitekomunitas dimana setiap orang bisa melakukan subscribe sebagai member dan mempostingkan artikel-artikelnya
5. blog berfungsi sebagai iklan baris dimana si pemasang iklan dapat melakukan subscribe pada blog dan mempostingkan iklannya
6. blog berfungsi sebagai website yang menampilkan gambar-gambar, video-video dan lain-lainnya
G.Alasan Penulis Membuat Orinetz Blog
setelah melakukan blogging cukup lama, saya menyadari bahwa servis blogging yang saya gunakan tidak memiliki beberapa fitur yang saya inginkan. hal ini bukan salah siapapun. orang yang berbeda menginginkan hal-hal yang berbeda dan fitur-fitur yang berbeda. tidak ada satupun blogging service yang dapat memenuhi kebutuhan setiap orang. secara pribadi, saya mempunyai dua alasan untuk membuat orinetz blog.
pertama, saya senang mempelajari berbagai bahasa, baik bahasa manusia maupun bahasa pemrograman. blogging service saya yang lama tidak memiliki fitur ( atau mungkin saya terlalu malas untuk mencari fitur tersebut ) untuk menampilkan entri-entri saya dalam bahasa yang lain. tentu saja bukan hal yang mustahil untuk menggunakan aplikasi penerjemah online untuk menampilkan segala website dalam bahasa lain. namun bahkan aplikasi penerjemah online tercanggih pun tidak dapat menerjemahkan dengan baik. saya sendiri telah mempelajari 5 bahasa manusia dan tidak ada dua bahasa yang memiliki aturan tata bahasa yang sama.
menerjemahkan tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain tidaklah semudah mengganti kata-kata dari satu bahasa dengan kata-kata dari bahasa yang lain. ada masalah-masalah terkait kebudayaan dan perbedaan cara berpikir yang harus dimengerti untuk mendapatkan hasil terjemahan yang baik. fakta bahwa arti sebuah kata atau kalimat bergantung pada konteks percakapan juga menambah kesulitan tersendiri. jika anda ingin apa yang anda tulis diterjemahkan dengan baik, cara yang paling baik adalah menerjemahkannya sendiri. jika anda tidak menguasai bahasa tujuan, minta bantuan orang yang benar-benar mengerti kedua bahasa dengan baik untuk menerjemahkannya untuk anda. kedua cara ini adalah yang terbaik sampai seseorang menemukan cara membuat aplikasi penerjemah kecerdasan buatan dengan kecerdasan setara manusia. itulah mengapa saya membuat fitur terjemahan di dalam orinetz blog.
kedua, saya sangat menyukai matematika dan diskusi mengenai matematika memerlukan pertukaran berbagai persamaan dan grafik. informasi berupa gambar pada umumnya tidak dapat disertakan dalam komentar untuk blog. di orinetz, anda dapat memilih untuk memberikan komentar berupa teks atau balasan dalam bentuk entri blog. balasan berupa entri blog ini akan ditampilkan di sebelah kiri entri blog teman anda. karena balasan ini berupa entri blog, maka anda dapat memasukkan berbagai gambar di dalamnya.
H.Manfaat Blog
1. media aktualisasi diri
salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. untuk menunjukan siapa dirinya. apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. personal branding
personal branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. apa yang anda ingat ketika mendengar “bapak blogger indonesia”? enda nasution! bayangkan jika seorang potential client berkata “siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. markas besar di dunia maya
begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: cv, online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: facebook, twitter, plurk, digg, lintasberita, linkedin, dll.
4. media promosi
blog ditempatkan di jaringan internet. dengan strategi yang tepat (seo+smm+other techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. mendapatkan relasi baru
sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
tips: buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. mendapatkan penghasilan
ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
· direct income – blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), service pay-per-click, pay-per-post, paid-to-review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
· indirect income – blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7. stress release, emotion release
terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan? . tapi selalu ingat aturan emasnya: jangan berlebihan. jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. media memberi, media sharing
terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. jurnal catatan kehidupan anda
catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.
10. mendapatkan feedback atas apa yang anda rasakan
mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan?
11. public relation yang lebih humanis
jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging-, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’. untuk informasi lebih lanjut, anda bisa baca definisi blog disini.
I.Perbandingan Antara Blogging Dan Membuat Web
perbedaan antara blogging dan membuat web terletak pada jumlah pilihan dan seberapa mudah anda menemukan apa yang anda inginkan. semakin banyak pilihan yang diberikan, semakin sulit untuk menentukan pilihan anda.
membuat web memerlukan pengetahuan yang tidak sedikit mengenai html dan bagaimana mengelola sebuah web. kesalahan kecil seperti meletakkan file html atau file gambar di tempat yang salah, dapat membuat tampilan web anda kacau. blogging hanya memerlukan sedikit pengetahuan mengenai html. bahkan dalam banyak kasus, blogger tidak perlu tahu mengenai html sama sekali. cukup tulis apa yang anda ingin tulis dan post tulisan anda, dan tulisan itu akan tampil di dalam blog anda.
tentu saja ada banyak hal-hal menarik yang tidak dapat dilakukan dengan blogging yang dapat anda lakukan dengan membuat web. misalnya, anda tidak dapat memposting aplikasi javascript sebagai entri blog anda. namun jika yang anda inginkan hanyalah menulis sesuatu untuk dibaca dan direspon, blogging adalah pilihan yang baik untuk anda.
J.Cara Membuat Blog
Di bawah ini akan saya bahas cara membuat blog lewat Blogger.com.Langkah langkahnya adalah sebagai berikut
1. Masuk ke situs Blogger.com sehingga akan tampil seperti di bawah ini
1. Masuk ke situs Blogger.com sehingga akan tampil seperti di bawah ini
2. Klik button CREATE A BLOG akan tampil seperti di bawah ini
3. Isi data data yang ada secara lengkap
4. Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
5. Isi Blog Name sesuai keinginan anda dan Isi Blog Address (URL) atau alamat blog sesuai keinginan anda
6. Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
4. Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
5. Isi Blog Name sesuai keinginan anda dan Isi Blog Address (URL) atau alamat blog sesuai keinginan anda
6. Kemudian Klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
Pada halaman ini anda dipersilahkan memilih template yang akan anda gunakan pada blog anda. Pilih salah satu. kemudian klik button CONTINUE akan tampil seperti di bawah ini
7. Muncul halaman yang bertuliskan Your blog has been Created!, berarti anda sudah berhasil membuat blog.
K.Tips Menjadikan Blog Terkenal
1. Buat link ke blog lainnya. biasaya dengan cara tukar link, terutama ke blog yang trafficnya tinggi dan topiknya sama dengan blog anda.
2. Berlombalah jadi yang pertama berkomentar. Lakukan ini terutama di blog yang pengunjungnya banyak. Karena komentar anda pasti akan terbaca oleh pengunjung lainnya. Kalaukomentar anda menarik, mereka pasti langsung menuju ke blog anda.
3. Pancing mereka untuk berkomentar.Anda bisa menutup postingan dengan pertanyaan.
4. Berkomentar untuk menjalin hubungan. Jangan selalu berkomentarhanya demi kepentingan bisnis saja. Tapi bicaralah seperti layaknya obrolan antar-manusia. Tanyakan bagaimana kabar mereka, sedang sibuk apa, atau anda bisa berbagi cerita tentang kejadian menarik yang baru anda alami.Komentar yang alami dan penuh persahabatan seperti layaknya obrolan antar kawan bisa memperkokoh jalinan hubungan.
5. Ijinkan trackback dan link pada tempat berkomentar. Salah satu alasan blogger dalam berkomentar adalah agar bisa membangun jejaring link-nya. Penuhilah keinginan mereka, jangan abaikan.
6. Buat review tentang blog lain. Mereka yang anda buat review blognya pasti akan sangat senang. Ya, ibaratnya anda telah mau menceritakan isi blog tersebut ke pengunjung anda. Blog yang telah anda buat review-nya minimal pasti akan mengunjungi blog anda.
7. Jawablah komentar yang ditujukan pada anda. Punya blog berarti anda harus mau berinteraksi dengan blog lain. Kalau anda hanya ingin mengasingkan diri dengan ngeblog di dunia maya, urungkan niat anda itu. So, jangan biarkan komentar mereka bertepuk sebelah tangan.
8. Buatlah artikel yang tak lekang ‘dimakan’ waktu. Maksudnya, yang tidak mudah basi dan dilupakan orang. Tapi yang selalu dibutuhkan orang sampai kapanpun. Seperti artikel berbentuk tips dan trik yang sedang anda baca ini.
9. Pelihara hubungan baik dengan blog lain. Khususnya dengan blog yang ikut menyumbang aliran traffic ke blog anda. Karena dari sana salah satu sumber datangnya pengunjung ke blog anda.
10. Masukkan posting mereka ke social media. Ini cara lain yang bisa anda perbuat untuk memperkuat hubungan. Mereka pasti senang kalau tahu anda membantu menyebarluaskan posting blog mereka ke social media.
L.Daftar Blog Terkenal
Harian Guardian (www.guardian.co.uk) telah merilis 50 blog paling terkenal dan berpengaruh di dunia. Meminjam istilah Pak Asmuni (alm) bukan “Hil Yang Mustahal” jika blog-blog dari Indonesia suatu saat juga akan menjadi terkenal seperti mereka. Bahkan beberapa blog dari Indonesia juga sudah mulai mendunia, seperti blognya Mas Jauhari.
1. The Huffington Post (huffingtonpost.com)
Huffington Post adalah salah satu jurnal paling berpengaruh dan populer di internet. Penulisnya terdiri dari kolumnis profesional dan selebritas yang merupakan jaminan mendapat banyak pembaca. Blog ini mempunyai Page Rank 8 dan Alexa Ranknya 157.
Huffington Post adalah salah satu jurnal paling berpengaruh dan populer di internet. Penulisnya terdiri dari kolumnis profesional dan selebritas yang merupakan jaminan mendapat banyak pembaca. Blog ini mempunyai Page Rank 8 dan Alexa Ranknya 157.
Saat miliuner Arianna Huffington memutuskan untuk membangun blog ini pada 2005, dia menuai banyak cibiran. Namun saat ini sejarah mengenai blog politik dibagi menjadi dua periode, sebelum dan sesudah Huffington. Dulu, blog tidak pernah dianggal serius namun setelah Huffington, perusahaan-perusahaan mulai melirik blog sebagai alat pemasaran.
2. Techcrunch (techcrunch.com)
Blog yang kini dikenal dengan berita teknologi paling besar ini dibuat pada 2005. Awalnya Techcrunch didirikan oleh Michael Arrington untuk memberi informasi mengenai perkembangan di Silicon Valley.
Blog yang kini dikenal dengan berita teknologi paling besar ini dibuat pada 2005. Awalnya Techcrunch didirikan oleh Michael Arrington untuk memberi informasi mengenai perkembangan di Silicon Valley.
Mesin pencari Technorati mencatat bahwa Techcrunch menduduki posisi ketiga dalam daftar blog yang paling tenar di dunia. Business Week bahkan memasukkan Arrington ke dalam 25 orang paling berpengaruh di dunia internet. Blog ini mempunyai Page Rank 7dan Alexa Ranknya 378.
3. Perezhilton (perezhilton.com)
Nama blog ini bisa menciutkan nyali selebritas Hollywood. Sejak 2005, Mario Lavandeira mendedikasikan dirinya untuk mengolok-olok dan mengritik bintang-bintang dalam industri hiburan, terutama mengenai keterlibatan mereka dengan obat terlarang. Saat aktris Lindsay Lohan ditangkap karena mengemudi saat mabuk, Lavandeira membuat 60 tulisan yang dibaca delapan miliar kali. Blog ini mempunyai Page Rank 7 dan Alexa Ranknya561.
Nama blog ini bisa menciutkan nyali selebritas Hollywood. Sejak 2005, Mario Lavandeira mendedikasikan dirinya untuk mengolok-olok dan mengritik bintang-bintang dalam industri hiburan, terutama mengenai keterlibatan mereka dengan obat terlarang. Saat aktris Lindsay Lohan ditangkap karena mengemudi saat mabuk, Lavandeira membuat 60 tulisan yang dibaca delapan miliar kali. Blog ini mempunyai Page Rank 7 dan Alexa Ranknya561.
4. Gawker (gawker.com)
Blog yang ditulis jurnalis Nick Denton ini berisi gosip dan komentar seputar industri media. Setiap bulannya, sebanyak 11 juta orang membaca Gawker. Blog ini mempunyai Page Rank 8 dan Alexa Ranknya 894.
Blog yang ditulis jurnalis Nick Denton ini berisi gosip dan komentar seputar industri media. Setiap bulannya, sebanyak 11 juta orang membaca Gawker. Blog ini mempunyai Page Rank 8 dan Alexa Ranknya 894.
5. The Sartorialist (thesartorialist.blogspot.com)
The Sartorialist merupakan fashion blog berisi foto orang-orang di jalanan yang mengenakan pakaian yang menarik dengan sedikit komentar. Pemiliknya, Scott Schuman, telah berkecimpung di dunia fashion selama 15 tahun. Setiap hari, setidaknya 70 ribu orang membaca blog yang juga masuk daftar 100 hal yang paling memengaruhi industri desain dunia versi majalah Time ini. Blog ini mempunyai Page Rank 7 dan Alexa Ranknya11.108.
The Sartorialist merupakan fashion blog berisi foto orang-orang di jalanan yang mengenakan pakaian yang menarik dengan sedikit komentar. Pemiliknya, Scott Schuman, telah berkecimpung di dunia fashion selama 15 tahun. Setiap hari, setidaknya 70 ribu orang membaca blog yang juga masuk daftar 100 hal yang paling memengaruhi industri desain dunia versi majalah Time ini. Blog ini mempunyai Page Rank 7 dan Alexa Ranknya11.108.
6. Boing Boing boingboing.net,
7. Kottke (kottke.org),
8. Dooce (dooce.com),
9. Talking points memo (talkingpointsmemo.com),
10. Icanhascheezburger (icanhascheezburger.com),
11. Beppe Grillo (beppegrillo.it),
12. The Drudge Report (drudgereport.com),
13. Xu Jinglei (blog.sina.com.cn/xujinglei),
14. Treehugger (treehugger.com),
15. Microsiervos (microsiervos.com),
16. TMZ (TMZ.com),
17.Engadget (engadget.com),
18. Marbury (marbury.typepad.com),
19. Chez Pim (chezpim.typepad.com),
20. Basic thinking (basicthinking.de/blog),
21. Students for a free Tibet (studentsforafreetibet.org),
22. Jezebel (jezebel.com),
23. Gigazine (gigazine.net),
24. Girl with a one-track mind (girlwithaonetrackmind.blogspot.com),
25.Mashable (mashable.com)
26.Greek tragedy (stephanieklein.blogs.com),
27.Holy Moly (holymoly.co.uk),
29. Cranky flier (crankyflier.com),
30. Go fug yourself (gofugyourself.typepad.com),
31. Gaping void (gapingvoid.com),
32. Dirtydirty dancing (dirtydirtydancing.com),
33. Crooked timber (crookedtimber.org),
34. Beansprouts (bean-sprouts.blogspot.com),
35. The offside (theoffside.com),
36. Peteite Anglaise (petiteanglaise.com),
37. Crooks and liars (crooksandliars.com),
38. Chocolate and Zucchini (chocolateandzucchini.com),
39.Samizdata (samizdata.net),
40. The daily dish (andrewsullivan.theatlantic.com),
41. The F word (thefword.org.uk),
42. Jonny B’s private secret diary (privatesecretdiary.com),
43. Popjustice (popjustice.com),
44. Waiter rant (waiterrant.net),
45. Hecklerspray (hecklerspray.com),
46. Wowinsider (wowinsider.com),
47. Angry black bitch (angryblackbitch.blogspot.com),
48.Stylebubble (stylebubble.typepad.com),
49.afterellen (afterellen.com),
50. Copyblogger (copyblogger.com)
BAB III
PENUTUP
blog adalah salah satu media yang penting dalam pertumbuhan penyebaran informasi di dunia , sebagian besar orang di dunia sudah bisa menggunakan internet untuk mencari informasi yang mereka inginkan, contohnya blog cara membuat blog ini berisi tenang masalah blogging dan kegunaanya, kegunaan blogsangat beragam mulai dari sekedar meningkatkan keahlian mengetik ataupun hanya sekedar hobi saja, tapi yang jelas blog memiliki kegunaan yang tidak bisa disepelekan. dalam perkembangannya banyak sekali artikel yang terposting dan kenyataanya bisa membantu para pencari lewat search engine seperti google. blog dengan desain yang baik pstinya dimiliki oleh para blogger yang memiliki kemampuan dalam merangkai bahasa mesin, namaun agak disayangkan karena kemampuan ini tidak banyak orang yang memilikinya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar