LAPORAN ON THE JOB TRAINING
PADA
DINAS PEMDA KABUPATEN GAYO LUES
DISUSUN OLEH :
ANDRY RAMADHAN
NIM : 1 5 0 2 4 0 0 0 2
PROGRAM
STUDI ILMU KOMUNIKASI
KEMENTERIAN
RISET DAN TEKNOLOGI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
MALIKUSSALEH
LHOKSEUMAWE
2018
LEMBARAN PENGESAHAN
O
L
E
H
ANDRY RAMADHAN
NIM. 150240002
“PERAN HUMAS DAN PROTOKOLER DALAM INTERNAL DAN EKSTERNAL
KANTOR”
LAPORAN ON THE JOB TRAINING (OJT)
PADA KANTOR PEMDA GAYO LUES
Diajukan
Sebagai Laporan Akhir Dari Pelaksanaan
On The Job Training (OJT) pada Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas
Malikussaleh
Menyetujui/Mengesahkan
:
Kasubbag Humas Kasubbag Humas
(Supervisor OJT)
JASPIRA
SAUTISA, SE.
NIP. 19760831 201212 1 002
Mengetahui,
Kepala Bagian Humas dan Promosi
KATA PENGANTAR
Tiada kata yang lebih pantas penulis
ucapkan selain Alhamdulillah, sebagai ungkapan rasa syukur penulis atas rahmat
dan karunia yang telah Allah SWT berikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan
Laporan On The Job Training pada
Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Gayo Lues. Shawalat beserta salam
penulis sanjungkan untuk junjungan alam Nabi Muhammad SAW yang telah membawa
umatnya dari zaman kebodohan ke zaman ilmu pengetahuan.
Laporan ini merupakan salah satu syarat
untuk menyelesaikan dan memperoleh nilai mata kuliah On The Job Training pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Dalam penyusunan laporan
penulis banyak mendapat bantuan, arahan, dan bimbingan serta dorongan dari
berbagai pihak.
Pada kesempatan ini perkenankan penulis
menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan
membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan On The Job Training terutama pada :
·
Allah SWT, yang dengan
seizin-nya laporan ini dapat diselesaikan dengan baik.
·
Bapak Muhammad Akmal,
S.Sos., M.A selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Malikussaleh.
·
Bapak Kamaruddin, S.Sos.,
M.Si selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Malikussaleh.
·
Ibu Dwi Fitri, S.Sos.,
M.A selaku dosen pembimbing yang telah banyak memberikan bimbingan kepada
penulis dalam menyelesaikan Laporan On
The Job Training.
·
Ibu Ade Muana Husniati,
S.Sos., M.Si sebagai Dosen pembimbing akademik penulis selama ini.
·
Bapak
·
Bapak
·
Bapak Jaspira Sautisa,
SE. selaku pembimbing On The Job Training
di Humas Setdakab sebagai Kasubbag Humas dan Media Massa yang senantiasa
membantu penulis dalam melaksanakan kegiatan On The Job Training.
·
Bapak
·
Kakak
·
Terkhusus penulis ucapkan
terima kasih kepada orang tua penulis, Ibu Maharani yang selalu mendoakan,
mendukung, dan memotivasi penulis dalam menyelesaikan laporan.
·
Kepada kawan seperjuangan
On The Job Training, Junaidi yang
telah melewati susah senang bersama dalam pelaksanaan On The Job Training.
·
Kepada teman-teman Ilmu
Komunikasi, Kosentrasi Public Relations yang telah bersama-sama melewati proses
belajar selama perkuliahan.
·
Dan kepada semua pihak
yang telah memberi dukungan dan semangat pada saat pelaksanaan On The Job Training sampai pembuatan On The Job Training.
Semoga
segala amal dan kebaikan semua pihak yang telah membantu penulisan ini mendapat
balasan pahala dari Tuhan yang Maha Esa.
Blangkejeren,
05 Juli 2018
ANDRY
RAMADHAN
NIM.
150240002
TIM PENYUSUN
Laporan (OJT/On The Job Training) ini di bantu penyusunannya oleh :
Penanggung Jawab : Ketua Prodi Ilmu Komunikasi
Ketua Redaksi : Kamaruddin Hasan, M.Si. Sekretaris Redaksi :
Cindenia Puspasari, M.Soc.Sc. Redaksi Pelaksana : Dwi Fitri, MA
Harinawati, M.Si. Muhammad Fazil,
M.Soc.Sc. Subhani, M.Si.
Ade Muana Husniati, M.Si. Ainol
Mardhiah, M.Si.
Deddy Satria, M.Si. Anismar, M.Si.
Awaludin Arifin, M.I.Kom
BAB I
PENDAHULUAN
I.
LATAR BELAKANG
On the job training (OJT) merupakan serangkaian
kegiatan yang meliputi pemahaman teori/konsep ilmu pengetahuan yang
diaplikasikan dalam pekerjaan sesuai profesi bidang studi. OJT dapat menambah
wacana, pengetahuan dan skill mahasiswa,
serta mampu menyelesaikan persoalan-persoalan ilmu pengetahuan sesuai dengan
teori yang mereka peroleh di bangku kuliah.
OJT dilaksanakan agar mahasiswa dapat memahami dan menerapkan secara baik
tentang bidang ilmu yang dipelajari. Selain itu, agar mahasiswa dapat
mengetahui profesi serta atmosfir pekerjaan sesuai dengan
konsentrasi-konsentrasi yang ada di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh.
OJT yang dilakukan juga biasa dikenal
dengan istilah magang. Kegiatan ini juga terdapat dalam undang-undang No. 13
Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21-30 dan diatur dalam
peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009 tentang
penyelenggaraan Pemagangan di dalam negeri. Dalam peraturan Menteri tersebut
pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang
diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan dilembaga pelatihan dengan
bekerja langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang
lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa diperusahaan,
dalam rangka menguasai ketrampilan atau keahlian tertentu.
Berbeda dengan pelatihan kerja , atau
yang biasa disebut dengan On The Job
Training, job training yang dilakukan mahasiswa biasanya merupakan bagian
dari pelatihan kerja sebagai salah satu syarat utama dalam menyelesaikan proses
pendidikan, tidak sama dengan pelatihan kerja yang biasanya diikuti oleh
pekerja yang sudah menandatangi kontrak dengan perusahaan dalam rangka mengembangkan kompetensi
kerja dan produktivitas kerja calon karyawan sebelum menjadi karyawan tetap.
Tentunya banyak manfaat yang dirasakan dari pelaksanaan On The Job Training mahasiswa, tidak
hanya untuk mahasiswa , tetapi juga untuk perusahaan dan Universitas. Job
Training membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan semua ilmu
yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detil tentang seluk
beluk standar kerja yang professional, tentunya dengan dibimbing oleh
pembimbing lapangan.
Kegiatan OJT di Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unimal meliputi 3
(tiga) konsentrasi yaitu :
1.
Public Relations
2.
Manajemen Komunikasi
3.
Jurnalistik
II.
MAKSUD
DAN TUJUAN
Pada dasarnya On The Job Training adalah untuk membuka wawasan mahasiswa
berupa pengalaman kerja yang bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan
ketrampilan serta agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan dan pemahaman
mahasiswa terhadap permasalahan yang timbul dan kebijaksanaaan.
Kegiatan OJT bertujuan sebagai
berikut :
1. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
mengaplikasikan teori/konsep ilmu pengetahuan sesuai konsentrasi-konsentrasi
yang ada di program studi ilmu komunikasi yang telah dipelajari di bangku
kuliah pada suatu organisasi/perusahaan.
2. Memberi
kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis sesuai dengan
pengetahuan dan keterampilan konsentrasinya.
3. Memberi
kesempatan kepada mahasiswa untuk menganalisis, mengkaji teori/konsep dengan
kenyataan kegiatan penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan di suatu
organisasi /perusahaan. Menguji kemampuan mahasiswa Program
Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unimal (sesuai konsentrasi terkait) dalam
pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam penerapan pengetahuan dan attitude/perilaku mahasiswa dalam bekerja.
4. Mendapat
umpan balik dari dunia usaha mengenai kemampuan mahasiswa dan kebutuhan dunia
usaha guna pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran bagi Program Studi
Ilmu Komunikasi (sesuai dengan konsentrasi terkait)
Sedangkan manfaat
kegiatan OJT bagi mahasiswa dan Program Studi Ilmu Komunikasi
yaitu :
1.
Mahasiswa mendapat kesempatan untuk
menerapkan ilmu pengetahuan teori/konsep dalam dunia pekerjaan secara nyata.
2.
Mahasiswa memperoleh pengalaman praktis
dalam menerapkan ilmu pengetahuan teori/konsep sesuai dengan konsentrasinya.
3.
Mahasiswa memperoleh kesempatan untuk
dapat menganalisis masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang
diterapkan dalam pekerjaan sesuai dengan konsentrasinya
4.
Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip
Unimal memperoleh umpan balik dari organisasi/perusahaan terhadap kemampuan
mahasiswa yang mengikuti OJT di dunia pekerjaannya.
5.
Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip
Unimal memperoleh umpan balik dari dunia pekerjaan guna pengembangan kurikulum
dan proses pembelajaran.
III.
SASARAN
1. Mahasiswa
aktif yang terdaftar sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unimal
2. Mahasiswa
yang telah menempuh perkuliahan selama 6 (enam) semester dengan jumlah minimal
130 SKS.
IV.
TEMPAT PELAKSANAAN OJT
Kegiatan OJT ini penulis laksanakan pada Kantor Setdakab Gayo Lues.
Tepatnya di Kabag Humas dan Protokoler bidang Komunikasi dan Promosi. Lokasi Jl.
Tgk Mahmud No.2, Sentang, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh 24653
V.
JADWAL PELAKSANAAN OJT
Kegiatan OJT dilaksanakan selama
dua bulan, terhitung dari tanggal 02 Juli sampai dengan 31 Agustus 2018.
Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Senin sampai Sabtu pukul 07.30 hingga
02.00 WIB.
BAB II
LOKASI OJT
(Gambar depan
Kantor Bupati Gayo Lues)
2.1.1 Sejarah Kabupaten Gayo Lues
Dengan berlakunya UU No 5 Tahun 1974, maka status
Kewedanaan diganti dengan sebutan Pembantu Bupati. Namun sejak tahun 1975
s.d 1981 status Gayo Lues masih dalam status transisi karena Gayo Lues dijadikan
daerah koordinator Pemerintahan untuk 4 Kecamatan. Baru pada tahun 1982
Kewedanaan Gayo Lues dijadikan Wilayah Pembantu Bupati Gayo Lues dipimpin oleh
Pembantu Bupati.
Berhubung karena keterbatasan wewenang ditambah lagi
luasnya daerah yang harus dikoordinir dan lagi pula minimnya PAD Aceh Tenggara
ada kesan kemajuan pembangunan Gayo Lues dianaktirikan, pada pertengahan tahun
90-an transportasi Gayo Lues agak mendekati titik terang dengan berfungsinya
sarana jalan, sehingga menjadikan Kota Blang Kejeren sebagai simpang empat,
yaitu : Blang Kejeren – Takengon ; Blang Kejeren – Aceh Selatan ; Blang Kejeren
Kutacane dan Blang Kejeren – Aceh Timur.
Hal ini memicu percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah
Gayo Lues yang mendukung PMDN dan PMDA untuk menanam modal. Faktor intern
di atas ditambah lagi dengan faktor ekstern dengan diresmikannya Pembantu
Bupati Simeulu menjadi Kabupaten Administratif, menyusul Pembantu Bupati
Bireuen dan Pembantu Bupati Singkil menjadi Kabupaten. Hal inilah yang
merangsang masyarakat gayo Lues untuk mengikuti jejak daerah tersebut di atas.
Atas dasar pertimbangan tersebut di atas, maka pada
akhir tahun 1997 beberapa orang tua bermusyawarah di Blang Kejeren untuk
memperjuangkan Gayo Lues menjadi Kabupaten Administratif. Untuk itu dibentuk
sebuah panitia kecil yang dinamakan Panitia Persiapan Peningkatan Status
Wilayah Pembantu Bupati Gayo Lues Blang Kejeren, Kabupaten Aceh Tenggara dengan
susunan sebagai berikut :
Ketua : Drs. H. Maat Husin
Wakil Ketua : H. Husin Sabli
Wakil Ketua : H. Abdullah Wirasalihin
Wakil Ketua : Ak. Wijaya
Wakil Ketua : H. Syahuddin Thamin
Sekretaris : H. M. Saleh Adami
Wakil Sekretaris : Drs. Buniyamin,S
Bendahara : H. M. Yakob Mas
Dilengkapi dengan biro-biro :
Biro Keuangan : Drs. H. Saniman M.
Biro Pendapatan : Drs. H. Ramli S, MM
Biro Humas : Syaril A W.
Biro Seni Budaya : H. Ibrahim Sabri
Biro Hukum/Dok : Drs. H. M. Salim Wahab
Biro Adat : A. Rahim
Biro Umum : Rajab Abdullah
Maksud dan tujuan panitia ini disampaikan kepada
Bupati Aceh Tenggara. Bertepuk tidak sebelah tangan, Bupati sangat setuju dan
mendukung gagasan yang baik ini. Panitia meminta Bupati agar menyurati Gubernur
dan Ketua DPRD I Aceh. Permitaan ini disanggupi Bupati dan Ketua DPRD II
Aceh Tenggara dengan mengirim surat kepada Gubernur dan Ketua DPRD Aceh.
Petinggi Aceh lalu menyurati menteri yang terkait di
Jakarta termasuk pimpinan DPR, pimpinan Parpol dan lain-lain yang di rasa
patut. Proses di Jakarta sedikit agak terhambat mengingat situasi negarapun
belum begitu stabil. Karena itu Panitia, Pemerintah Daerah Aceh Tenggara
masyarakat Gayo Lues yang berdomisili di Jakarta berjuang terus tanpa mengenal
lelah, tanpa biaya yang berlimpah, bekerja tanpa pamrih demi terwujudnya sebuah
Kabupaten.
Tahun 2000 delegasi dikirim ke Jakarta dari Aceh
Tenggara untuk penjajakan dan menemui Menteri Dalam Negri, pimpinan DPR dan
Pimpinan parpol untuk mohon bantuan. Setelah melalui proses yang agak panjang
akhirnya pada tanggal 30 Agustus 2001 DPOD menetapkan 4 Calon Kabupaten dari
Aceh dinyatakan lulus menjadi Kabupaten, sedangkan Gayo Lues dikaji ulang.
Masyarakat Gayo Lues, Pemda Aceh Tenggara, Pemda Daerah Aceh, merasa tidak puas
dan kecewa, lalu mengirim delegasi lagi ke Jakarta menemui Petinggi di Jakarta
termasuk Wapres.
Kepada mereka dimohon dengan hormat agar Gayo Lues
dapat diluluskan menjadi Kabupaten. Akhirnya DPOD menyetujui Gayo Lues menjadi
Kabupaten dalam sidangnya pada tanggal 18 Oktober 2001. Tidak lama kemudian
pemerintah mengusulkan RUU pembentukan Kabupaten Gayo Lues ke DPR-RI. Dalam
sidang Paripurna DPR-RI tanggal 11 Maret 2002 seluruh fraksi menyetujui Gayo
Lues menjadi Kabupaten beserta 21 Kabupaten/Kota lainya.
Setelah itu masyarakat Gayo Lues mengusulkan kepada
Bupati Aceh Tenggara daftar 5 Calon Pelaksana Tugas Bupati yaitu ;
– Drs. Ramli S.
– Drs. H. Syamsul Bahri
– Drs. H. Harun Al-Rasyid
– Ir. Muhammad Ali Kasim, MM
– Drs. Abdul Gafar
Pada tanggal 2 Juli 2002 Gayo Lues beserta 21
Kabupaten/Kota lainnya diresmikan oleh Mendagri Hari Sabarno sebagai sebuah
Kabupaten. Pada tanggal 6 Agustus 2002 Gubernur NAD, Ir. Abdullah Puteh
melantik Ir. Muhammad Ali Kasim, MM menjadi Penjabat Bupati Gayo Lues di
Kutacane. Dengan demikian selesailah sebuah perjuangan yang suci untuk
mewujudkan sebuah Kabupaten yang dicita-citakan. Untuk itu sehingga terbentuknya
kabupaten ini maka peran humas sangatlah penting demi menjaga kestabilan
protokol pemerintahan daerah dan masyarakatnya.
2.1.2 Visi dan Misi
·
Visi
Gayo Lues yang Islami,
Mandiri, dan Sejahtera
·
Misi
1) Meningkatkan penerapan
syariat islam dan nilai budaya Gayo Lues yang Islami di semua aspek kehidupan
masyarakat.
2) Meningkatkan kualitas
sumber daya manusia yang terampil, mandiri, dan partisipatif dalam pembangunan.
3) Meningkatkan
kesejahteraan masyarakat Gayo Lues melalui pemberdayaan dan pemerataan ekonomi
dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.
4) Mewujutkan tata
pemerintahan yang responsif dan akuntabel melalui penguatan kelembagaan
pemerintah yang bersih, sederhana, dan berwibawa.
5) Mewujutkan implementasi
UUPA dan perjanjian dan perjanjian MOU HELSINKI sesuai dengan situasi dan
potensi daerah.
2.1.3 Logo Kabupaten Gayo Lues dan Artinya
Unsur-unsur
|
Melambangkan
|
Periuk Tanah
|
Masyarakat Gayo Lues yang masih menjunjung tinggi tradisi
|
Bintang
|
Keimanan yang teguh yang diiringi dengan ketaqwaan
|
Tulisan “Gayo Lues”
|
Identitas Kabupaten Gayo Lues
|
Padi dan Kapas
|
Kesejahteraan sosial yang berkeadilan
|
Daun Tembakau
|
Kesuburan daerah Gayo Lues sebagai kabupaten agraris
|
Lingkaran Putih
|
Kestrategisan daerah Gayo Lues yang terletak di tengah-tengah
Provinsi Aceh
|
Gugusan Pegunungan
|
Kabupaten Gayo Lues yang terletak pada Kawasan Ekosistem
Leuser dan dominan akan perbukitan dan pegunungan
|
Pena dan Buku
|
Pengembangan sumberdaya manusia melalui peningkatan pendidikan
dan pengembangan ilmu pengetahuan
|
Pita Bertuliskan “Musara”
|
Masyarakat Gayo Lues sangat menjunjung tinggi persatuan dan
kesatuan
|
Cerana (Dalung)
|
Kehidupan masyarakat Gayo Lues yang kental akan seni budaya
dan adat istiadat
|
Garis Merah Putih
|
Gayo Lues merupakan bagian dan setia kepada Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pengertian
Public Relations
PR adalah sebagai jembatan antara perusahaan atau
organisasi dalam publicnya, terutama tercapainya mutu understanding (saling pengertian) antara perusahaan dengan
publiknya. Pengertian lain PR adalah fungsi managemen yang membangun dan
mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik
yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. Jadi, PR itu
merupakan kedudukan dalam suatu perusahaan atau organisasi sebagai penghubung
antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya.
3.2 Pentingnya Public Relations
Sebuah
survei yang diadakan American Advertising Federation (AFF) tentang 1.800
eksekutif bisnis. Para eksekutif diberi pertanyaan departemen mana yang paling
penting bagi keberhasilan perusahaan mereka. Hasil tersebut menunjukan bahwa PR
memperoleh persentase tertinggi.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Peran
public relations (PR) sangat penting dalam menangani krisis kepercayaan dan
membangun citra positif dalam organisari atau perusahan tanpa terkecuali dengan
dinas pemerintahan. Praktisi PR mempunyai tujuan universal, selain itu PR
mempunyai fungsi mengetahui secara pasti dan mengetahui pendapat umum.
4.2 Saran
Citra
Perusahaan atau Organisasi terletak pada praktisi PR, sebaiknya praktisi PR
bekerjasama dengan praktisi lainnya dengan koordinasi, integratif, anti sipatif
dan solutif untuk menjaga citra perusahaan atau organisasinya dalam keadaan
apapun.
LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN
Nama : ANDRY RAMADHAN
NIM : 150240002
Kosentrasi : HUMAS / PUBLIC RELATIONS
Minggu ke .... Tanggal , ......./........../ 20 sampai dengan ........../ ........../20
Hari
|
Ikhitisar Kegiatan
|
Tempat
|
Paraf Pembimbing
|
Senin
|
|||
Selasa
|
|||
Rabu
|
|||
Kamis
|
|||
Jum’at
|
|||
Sabtu
|
|||
Dosen
Pembimbing Peserta
OJT
(Suvervisor
OJT)
JASPIRA
SAUTISA, SE ANDRY
RAMADHAN
NIP.
19760831 201212 1002 NIM. 150240002
LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN
Nama : ANDRY RAMADHAN
NIM : 150240002
Kosentrasi : HUMAS / PUBLIC RELATIONS
Minggu ke .... Tanggal , ........../ ........../ 20 sampai
dengan /........../20
Hari
|
Ikhitisar Kegiatan
|
Tempat
|
Paraf Pembimbing
|
Senin
|
|||
Selasa
|
|||
Rabu
|
|||
Kamis
|
|||
Jum’at
|
|||
Sabtu
|
|||
Dosen
Pembimbing Peserta
OJT
(Suvervisor
OJT)
JASPIRA
SAUTISA, SE ANDRY
RAMADHAN
NIP.
19760831 201212 1002 NIM. 150240002
LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN
Nama : ANDRY RAMADHAN
NIM : 150240002
Kosentrasi : HUMAS / PUBLIC RELATIONS
Minggu ke .... Tanggal , ........../ ........../ 20 sampai
dengan /........../20
Hari
|
Ikhitisar Kegiatan
|
Tempat
|
Paraf Pembimbing
|
Senin
|
|||
Selasa
|
|||
Rabu
|
|||
Kamis
|
|||
Jum’at
|
|||
Sabtu
|
|||
Dosen
Pembimbing Peserta
OJT
(Suvervisor
OJT)
JASPIRA
SAUTISA, SE ANDRY
RAMADHAN
NIP.
19760831 201212 1002 NIM. 150240002
LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN
Nama : ANDRY RAMADHAN
NIM : 150240002
Kosentrasi : HUMAS / PUBLIC RELATIONS
Minggu ke .... Tanggal , ........../ ........../ 20 sampai
dengan /........../20
Hari
|
Ikhitisar Kegiatan
|
Tempat
|
Paraf Pembimbing
|
Senin
|
|||
Selasa
|
|||
Rabu
|
|||
Kamis
|
|||
Jum’at
|
|||
Sabtu
|
|||
Dosen
Pembimbing Peserta
OJT
(Suvervisor
OJT)
JASPIRA
SAUTISA, SE ANDRY
RAMADHAN
NIP.
19760831 201212 1002 NIM. 150240002
LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN
Nama : ANDRY RAMADHAN
NIM : 150240002
Kosentrasi : HUMAS / PUBLIC RELATIONS
Minggu ke .... Tanggal , ........../ ........../ 20 sampai
dengan /........../20
Hari
|
Ikhitisar Kegiatan
|
Tempat
|
Paraf Pembimbing
|
Senin
|
|||
Selasa
|
|||
Rabu
|
|||
Kamis
|
|||
Jum’at
|
|||
Sabtu
|
|||
Dosen
Pembimbing Peserta
OJT
(Suvervisor
OJT)
JASPIRA
SAUTISA, SE ANDRY
RAMADHAN
NIP.
19760831 201212 1002 NIM. 150240002
CATATAN SUPERVISOR OJT
(Diisi oleh Pembimbing Sebagai Bahan Pertimbangan Bagi Peserta OJT)
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
..................., ……….., 2018
Supervisor OJT
JASPIRA
SAUTISA, SE.
NIP. 19760831 201212 1 002
IDENTITAS PESERTA OJT
Nama : ANDRY RAMADHAN
Tempat Tanggal
Lahir : RIKIT BUR, 04 – JANUARI - 1997
Jenis Kelamin : LAKI-LAKI
Kosentr
Bidang Studi : ILMU KOMUNIKASI / HUMAS
NIM : 150240002
Alamat : Jln. Medan – Kutacane, Ds. Rikit Bur
Kec. Bukit Tusam Kab.Aceh Tenggara
Nomor Hand Phone : 082298959911
Email : Andri.eagle007@gmail.com
Nama Orang tua/Wali : MUHAMMAD NUR
Alamat Orang Tua/Wali : RIKIT BUR
Telepon Orang Tua/Wali : 082161713622
Tidak ada komentar:
Posting Komentar