PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
KUE
DONAT
MY
DONUTS
Disusun
Oleh :
ANDRY
RAMADHAN
1 5 0 2
4 0 0 0 2
UNIVERSITAS
MALIKUSSALEH
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
ILMU
KOMUNIKASI
2018
KATA PENGANTAR
Rasa
syukur yang kami sampaikan ke hadiran tuhan Allah Subhanahu wa Ta'ala , karena
berkat rahmat dan hidayahNya kami dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan
ini.
Penulisan
proposal adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas
mata kuliah Wirausaha Komunikasi.
Kami
menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi
kesempurnaan proposal ini.
Akhir
kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta
dalam penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Bukit
Indah, 11 Maret 2018
Penulis
Daftar Isi
Halaman Judul …………………………………………………………………………….1
Kata pengantar……………………………………………………………………………..2
Daftar isi……………………………………………………………………………………3
BAB I. Pendahuluan……………………………………………………………………….4
BAB II. Pembahasan……………………………………………………………………….6
BAB III. Penutup………………………………………………………………………….12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan
teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli
makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan
bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan
hanya pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas
utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan
yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah saya bermaksud untuk membuat
makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman
untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta
memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat
berpotensi bagi kami mengembangkan usaha donat ini, karena sebagian dari
masyarakat sangat menyukai donat karena rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Donat
ini memiliki berbagai varian, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai
dengan kesukaan mereka. Selain itu, donat ini dapat dinikmati oleh semua umur.
Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi donat ini baik orang yang sudah tua
maupun orang muda. Donat ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam
hari maupun pagi hari. Donat ini akan lebih enak apabila dimakan sambil minum
kopi ataupun teh. Dengan alasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha
donat, dan usaha saya tersebut saya beri nama”My Donuts”.
B.
Manfaat Usaha
a)
Manfaat Ekonomi
Usaha
donat ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan
memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi
dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga
dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan
keuntungan.
b)
Manfaat Sosial
1)
Bagi Pemilik
Dengan
melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah
bahkan ke luar negeri. Usaha donat ini cukup menjanjikan bagi kita, karena kami
menyajikan donat dengan berbagai varian dan berbeda dengan donat lain.
Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan
sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam
menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana
cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan
kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2) Bagi Masyarakat
Dengan
adanya donat ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi
kebutuhan makanan mereka. Selain itu
juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang
membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka
membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
C.
Rumusan Masalah
a)
Bagaimana cara untuk
membuka usaha My Donuts ini dengan baik dan benar.
b)
Bagaimana cara
mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c)
Bagaimana
caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dan keuntungan yang besar dalam
berbisnis My Donuts ini.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Profile Organisasi
Nama Usaha : My Donuts
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Jl. Mawar,
Kebumen.
Pemilik : Amalia Tyas A.
B.
Visi, misi dan
tujuan
1)
Visi
Menciptakan sebuah usaha yang menarik, unggul dan diminati konsumen
dari berbagai kalangan.
2)
Misi
Ø Memberikan kualitas yang terbaik.
Ø Memberikan pelayanan yang terbaik.
Ø Menciptakan kuliner yang berbeda.
3)
Tujuan Usaha
Ø Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
Ø Menumbuhkan jiwa berwirausaha.
Ø Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan.
C. Produk
Produk
yang kami tawarkan kepada konsumen memiliki berbagai macam varian, diantaranya:
Ø Chocolate
Ø Cheese
Ø Choco-nut
Ø Choco-Cheese
Ø Blueberry
Ø Strawberry
Dengan memiliki berbagai macam varian
tersebut maka konsumen dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan
keinginan mereka masing-masing. Produk
yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimi, sehingga baik untuk
dikonsumsi oleh konsumen dan tidak membahayakan kesehatan konsumen.
D.
Analisis SWOT
1.
Faktor internal
a)
Strengths
(Kekuatan)
Ø Harga yang terjangkau dan tidak terlalu mahal.
Ø Pelayanan yang ramah.
Ø Tersedia berbagai macam varian yang dapat dipilih.
Ø Pemesanan yang mudah.
b)
Weakness
(Kelemahan)
Ø Banyak pesaing.
Ø Keuntungan yang kecil.
2.
Faktor
eksternal
a)
Opportunities (Kesempatan)
Ø Banyak masyarakat yang membutuhkan camilan/makanan kecil.
Ø Produk yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.
Ø Produk yang bervariasi dan berbeda.
b)
Threats
(Ancaman)
Ø Banyak pesaing.
E.
Rencana Usaha
a)
Rencana Jangka
Pendek
Usaha
donat yang kami rintis bertujuan untuk menambah pengalaman bisnis, selain dapat
meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan usaha yang menjanjikan untuk
kehidupan masa depan.
b)
Rencana Jangka
Menengah
Usaha
donat yang kami rintis pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian
menjadi seorang pengusaha yang sukses. Pelanggan adalah raja, maka kepuasan
pelanggan menjadi hal yang utama dari . Selain itu, kami akan melakukan promosi
usaha ini, baik dari mulut ke mulut, media sosial, dan media lainnya.
c)
Rencana Jangka
Panjang
Setelah
berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan kualitas dari
usaha ini. Selain itu kami akan membuka cabang di daerah lain, sehingga usaha
kami ini dapat dikenal di seluruh penjuru Indonesia.
F.
Analisis Pasar
dan Pemasaran
a)
Target Pasar
Lokasi
usaha ini berada di tempat yang sangat strategis, yaitu di pinggir jalan raya
dan didekat pasar. Sehingga lokasi merupakan tempat yang dekat dengan
keramaian. Sehingga para pengunjung pasar dan pengguna jalan dapat dengan mudah
menemukan toko kami.
b)
Pesaing
Terdapat
banyak pesaing dalam hal usaha kuliner, termasuk kue donat ini. Sehingga kami
harus menigkatkan kreativitas dan terus bekerja keras agar dapat mengalahkan
para pesaing yang semakin banyak.
c)
Sasaran Pembeli
Dalam
usaha ini, semua kalangan masyarakat menjadi sasaran bagi kami.Terutama
anak-anak muda yang sekarang ini sangat gemar berburu kuliner. Dalam produk
ini, kami menawarkan dengan harga yang terjangkau, mulai dari 5.000 rupiah
saja.
G.
Strategi
Pemasaran
a)
Dari mulut ke
mulut
Promosi
ini merupakan promosi yang sederhana dan tidak memerluka biaya. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila
konsumen puas, maka Ia akan menceritakan kepada orang lain lagi, sehingga
konsumen kita akan semakin betambah.
b)
Dengan media sosial
Kami
juga akan melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial yang semakin
berkembang, seperti melalui facebook, twitter, instagram,dll.
c)
Pengembangan
Pasar
Selain
melakukan berbagai strategi seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami
ini dengan cara menambah pasar baru
untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dengan memperluas usaha donat ini
ke daerah-daerah lain, dengan harapan
usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan
pendapatan dan mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan
baru.
d)
Pengembangan
Produk
Pengembangan
produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing
lain. Kami juga menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun,
pernikahan dan juga acara lainnya.
e)
Langkah-langkah
promosi
Ø Memberikan diskon pada hari-hari tertentu.
Ø Memberikan potongan harga jika membeli lebih dari 5 box donat.
H.
Analisis
Operasional
a)
Desain produk
Membuat desain donat dengan
gambar-gambar yang unik dan varian rasa yang lain daripada yang lain.
b)
Tempat usaha
Tempat
usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan yang ramai dilalui orang, selain
itu juga berada didekat pasar, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengakses
tempat usaha kami.
c)
Pengawasan
kualitas
Kami
akan selalu melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas dari produk
donat yang ada. Agar para konsumen bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang
terbaik.
d)
Marketing atau
promosi
1)
Analisis aspek
SDM
Ø Distributor
Kami
melakukan kerjasama dengan distributor-distributor donat lainnya, sehingga
bahan-bahan dari donat ini mudah
didapatkan.
Ø Tenaga Kerja
Dalam
usaha ini yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun, sabar dan
kerja keras.
Ø Masyarakat Sekitar
Kami
juga harus memiliki hubungan baik dengan
masyarakat setempat, karna apabila kita tidak mempunyai hubunga baik
maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang
tidak diinginkan.
I.
Analisis aspek
finansial
a)
Harga
Ø Chocolate/Cheese Small :
Rp. 5.000
Ø Chocolate/Cheese Big :
Rp. 10.000
Ø Choco-nut :
Rp.7.000
Ø Choco-Cheese :
Rp.10.000
Ø Blueberry :
Rp. 5.000
Ø Strawberry :
Rp. 5.000
b)
Modal awal
No
|
Nama Barang
|
Harga
|
1
|
Sewa Toko per bulan
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Oven
|
Rp.500.000
|
3
|
Bahan-bahan
|
Rp. 600.000
|
4
|
Etalase
|
Rp. 400.000
|
Jumlah Modal Awal
|
Rp. 2.500.000
|
J.
Metode
Pelaksanaan Program
a)
Metode
pengumpulan data
Mencatat
segala aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha
donat ini. Kritik dan saran dari konsumen sangat mendukung kemajuan usaha ini.
b)
Survei bahan
baku
Kami
membagi tugas untuk survei dan menjalin kerja sama dengan salah satu toko donat
yang menjual bahan baku.
c)
Pembuatan bahan
baku.
Pada
pembuatan donat, fermentasi berfungsi menambah cita rasa dan mengembangkan
adonan. Pembuat donat harus menyimpan adonan di tempat yang hangat dan agak
lembab. Sehingga donat dapat mengembang dang berbentuk sempurna.
d)
Pengemasan
bahan baku
Bahan
baku yang kami terima dikemas dengan menggunakan box kecil.
e)
Penjualan atau
pemasaran produk
Penjualan
dilakukan setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Selain itu
kami juga menerima pesanan.
BAB III
PENUTUP
Demikianlah proposal usaha donat ini. Semoga
proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa
kami mengucap syukur kepada Allah SWT, karena atas segala Rahmat dan
Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal usaha kami.
Semoga proposal ini dapat diterima
oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai
usaha donat ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat
segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang
membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa
proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga
saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua. Atas perhatiannya kami
mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar